OUR NETWORK

Cara Mudah Rangsang Pertumbuhan Rambut Lebih Cepat

Cara Mudah Rangsang Pertumbuhan Rambut Lebih Cepat
Foto: orissapost.com

Ada perempuan yang terlahir begitu saja dengan rambut panjang lurus berwarna hitam dan berkilau, ada pula perempuan yang memiliki bentuk rambut yang berbeda namun mengidamkan rambut seperti itu. Sehingga, ia perlu melalui perawatan rambut yang tidak mudah dalam waktu yang cukup panjang. Bila kamu termasuk pada kelompok yang kedua, jangan khawatir Ladies! Dilansir dari Good House Keeping, terdapat beberapa langkah mudah dari para professional yang dapat membantumu merangsang pertumbuhan rambut agar lebih cepat, loh! So, kamu tidak perlu lagi melalui proses yang sulit. Apa saja, ya?

1. Rutin Trim Ujung Rambut

Cara Mudah Rangsang Pertumbuhan Rambut Lebih Cepat
Foto: hairfinder.com

Sekilas memang tampak berlawanan dari tujuan kita untuk memanjangkan rambut. Tapi, jangan salah, Ladies, dengan memotong bagian ujung rambut atau trim secara rutin, kamu akan menghilangkan ujung rambut yang patah yang menghambat pertumbuhan rambut keseluruhanmu. Hal ini diamini oleh Penata rambut Selebriti, Michael Duenas, menurutnya, dengan memotong rambut yang patah tersebut, rambut pada akar akan terpicu untuk tumbuh lebih cepat.

2. Distribusi Minyak Alami Rambut

Meski tampak menggiurkan untuk langsung tidur tanpa menyisir rambut, sebaiknya tidak dilakukan. Pasalnya, aktivitas menyisir rambut sebelum tidur ternyata dapat memberikan manfaat baik untuk kesehatan. Senior Colorist dan Hair Educator di Eva Scrivo Salon, Meri Kate O’Connor, merekomendasikan untuk mulai melakukannya dari kulit kepala, untuk mendistribusikan minyak kulit kepala secara merata ke rambut, agar rambut tetap lembap secara alami. Ia menambahkan, dengan melakukan langkah sederhana ini setiap malam akan membantu meningkatkan sirkulasi dan membuat kulit kepala lebih sehat.

Baca juga: Cara Merawat Rambut yang Terlalu Banyak Treatment Salon

3. Makan Makanan yang Tepat

Memiliki rambut yang panjang, berkilau, dan kuat tidak hanya bergantung pada produk apa yang kamu kenakan pada rambutmu, tetapi juga bergantung pada makanan apa yang masuk ke dalam tubuhmu. “Untuk meningkatkan pertumbuhan rambut, kamu perlu memberi “makan” rambutmu dari dalam. Cobalah tingkatkan asupan protein dari makanan seperti ikan, kacang-kacangan, dan gandum,” jelas Dermatologis New York, Francesca Fusco. Kekurangan protein pada perempuan, menurut Fusco dapat menyebabkan orang terkait mengalami shedding. Oleh karena itu, Nutritionist GoodHousekeeping.com, Jaclyn London menyarankan selain menyantap makanan yang kaya akan protein, kamu juga perlu asupan vitamin A, C, dan E, mineral seperti zinc dan zat besi, dan asam lemak omega-3 yang dapat berkontribusi membuat rambutmu menjadi lebih sehat.

4. Hindari Keramas Setiap Hari

Foto: africaorganics.co.za

Meski tampak menjaga kebersihan, keramas setiap hari justru akan merusak rambutmu, Ladies. Pasalnya, rambutmu harus berhadapan dengan bahan kimia setiap harinya dan minyak alami di rambutmu akan terkuras habis. Padahal, minyak alami di rambutmu ini yang dapat mencegah rambut menjadi kusam loh! Celebrity Hairstylist, Ken Paves, menyarankan untuk keramas dengan shampoo sekitar dua hingga tiga kali seminggu. “Hal ini akan memungkinkan minyak alami rambut menembus masuk ke dalam rambut dan membuatnya terhidrasi serta memperbaiki dirinya sendiri,” jelas Paves.

5. Gunakan Multivitamin

Jika nutrisi dari asupan makanan tidak cukup membantu, maka, kamu disarankan untuk mengonsumsi suplemen atau multivitamin khusus rambut. “Carilah multivitamin yang diformulasikan khusus dan dilabeli ‘Untuk Rambut, Kulit, dan Kuku’. Karena mereka mengandung vitamin penting seperti biotin, vitamin C dan B yang mendukung kesehatan rambut,” saran Fusco.

6. Berhati-hati dengan Sisir Ketika Rambut Basah

Rambut sangat rentan terhadap kerusakan ketika dalam kondisi basah. Pastikan kamu menggunakan sikat yang bergigi lebar agar setiap helai rambut dapat disisir dengan lembut atau tidak tertarik secara paksa. “Mulailah menyisir dengan lembut dari ujung bawah baru perlahan-lahan naik ke atas. Jangan hanya menyisir lapisan atasnya, tetapi juga bagian bawah rambut,” jelas Stylist Kennaland, Brokklyn, Davet Partain. Ia menyarankan untuk menggunakan Tangle Teezer atau Wet Brush agar kesehatan rambut tetap terjaga.

7. Tidur di atas Sarung Bantal Sutra

Selain produk dan asupan makanan, untuk mendapatkan rambut yang sehat, kamu juga perlu memperhatikan sarung bantal yang akan kamu gunakan. Pasalnya, hal ini akan mempengaruhi gesekan antar helai rambutmu dengan benda lain (dalam hal ini sarung bantal). “Sutra lebih ramah pada rambut, ia membantu menghindarkan rambut dari kusut dan kerusakan,” jelas Dokter dari Spring Street Dermatology di New York, Jesleen Ahluwalia. Menurutnya, semakin sedikit kerusakan yang dialami rambut akan membuat rambutmu semakin panjang.

Baca juga: 7 Penyebab Rambut Rontok Wajib Ladies Waspadai Sejak Dini

Nah, buat kamu yang ingin memanjangkan rambut dengan cepat, cukup terapkan beberapa tips di atas atau mungkin semuanya dalam rutinitas perawatan rambutmu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba, Ladies!

Sumber: Good House Keeping   Foto cover: orissapost.com

Comments

Loading...