OUR NETWORK

5 Negara Paling Ramah untuk Pesepeda

5 Negara Paling Ramah untuk Pesepeda
Foto: holland.com

Apakah Ladies jadi gemar bersepeda atau jadi tertarik untuk memulai hobi bersepeda? Belakangan bersepeda kembali jadi hobi yang digemari. Apalagi di masa pandemi begini, sepeda menjadi salah satu olahraga yang cukup aman untuk tetap dilakukan, sekaligus bisa menghilangkan rasa suntuk karena kelamaan di rumah. Walaupun ya tetap ya kalau bisa sepedaannya nggak usah ramai-ramai, tetap harus jaga jarak. Di Jakarta, udah cukup banyak ruas jalan yang disediakan khusus untuk para pesepeda. Tapi jalur-jalur khusus ini dirasa masih kurang memadai dan seringnya masih digunakan oleh kendaraan bermotor atau pedagang kaki lima. Nggak kayak di negara-negara yang ramah pesepeda ini nih. Kayaknya negara-negara ini mendukung banget warganya yang ingin bersepeda supaya lebih sehat dan hemat ya.

1. Selandia Baru

5 Negara Paling Ramah untuk Pesepeda
Foto: forbes.com

Dimulai dari negara tetangga di seberang Pasifik sana, Selandia Baru. Negara kecil ini memang terhitung cukup makmur ya, Ladies. Pemerintahnya pun serius menyediakan jalur khusus yang bisa dinikmati pesepeda. Bahkan di masa pandemi ini, mereka jadi negara pertama yang membuat ‘jalur sepeda pop-up’. Melalui kementerian transportasi mereka, Selandia Baru menyediakan dana supaya kota-kota di sana bisa membuat jalur sementara yang bisa dikerjakan dalam hitungan jam dan hari. Dengan trotoar dan jalur sepeda yang lebih lebar, penggunanya bisa tetap physical distancing sambil berjalan atau bersepeda. Cool!

2. Jepang

5 Negara Paling Ramah untuk Pesepeda
Foto: jpninfo.com

Negara yang satu ini terkenal sebagai penghasl dan pabrikan kendaraan bermotor. Tapi, Jepang tetap peduli banget dengan pengguna jalan yang lain, terutama pejalan kaki dan pesepeda. Sambil mempersiapkan diri untuk Olimpiade (yang diundur ke tahun 2021), mereka sekaligus membenahi jalur khusus sepeda. Di pedesaan pun, pengguna sepedanya lebih dominan dibanding pengguna kendaraan bermotor, Ladies.

3. Swedia

5 Negara Paling Ramah untuk Pesepeda
Foto: visitsweden.com

Di salah satu negara Skandinavia paling makmur ini, ternyata moda transportasi utama yang digunakan warganya adalah sepeda. Pemerintahnya juga mendukung dengan membuat sistem yang bisa digunakan pengguna sepeda, bahkan untuk wisatawan asing. Di Swedia, kamu bisa dengan mudah menemukan tempat rental sepeda dan bisa berkendara dengan aman di jalur khusus. Nggak hanya itu, mereka juga punya sistem pendukung seperti stasiun khusus untuk pompa ban dan tempat parkir khusus sepeda. Entah itu sepeda kayuh atau sepeda listrik, semuanya punya tempat di Swedia.

4. Denmark

5 Negara Paling Ramah untuk Pesepeda
Foto: alive.com

Satu lagi negara Skandinavia yang ramah untuk pesepeda, entah sebagai moda transportasi atau untuk rekreasi. Baik di kota besar maupun di pedesaan, Denmark punya jalr khusus untuk pesepeda. Bahkan, mereka punya jaringan Danish National Cycle Routes dengan total panjang lebih dari 12.000 km.

5. Belanda

5 Negara Paling Ramah untuk Pesepeda
Foto: vox.com

Belanda dikenal sebagai bicycle nation. Dalam sejarahnya, bangsa Belanda mungkin baru suka sepeda setelah Amerika Serikat dan Inggris yang mengalami lonjakan pesepeda di tahun 1880-an. Tapi walau sedikit ketinggalan, Belanda sudah mulai membuat jalur khusus pesepeda sejak 1890-an loh. Saat ini sepeda masih jadi moda transportasi umum di Belanda. Di kota besar seperti Amsterdam, 38% warganya menggunakan sepeda sehari-harinya. Selain jalur khusus, pesepeda juga nggak usah khawatir gowes di jalan raya karena ada persimpangan jalan yang terlindungi dan terpisah dari kendaraan bermotor. Mereka juga menyediakan tempat parkir sepeda dan rute yang lebih pendek dibanding rute untuk mobil.

Wah, semoga Indonesia suatu saat nanti bisa punya sistem yang lebih terintegrasi dan mumpuni untuk pesepeda ya. Seru banget kan kalau bisa berhemat sekaligus olahraga dan mengurangi polusi udara dengan bersepeda.

 

 

Sumber: Soco, Forbes

Comments

Loading...