OUR NETWORK

Gangguan Metabolisme Bisa Menyebabkan Penyakit Ini, Ladies

Metabolisme merupakan sekumpulan proses kimia yang terjadi di dalam tubuh manusia. Jika terjadi gangguan di dalamnya, tentu saja akan menimbulkan banyak masalah. Masalah metabolisme atau gangguan metabolisme bisa disebabkan oleh banyak hal yang mungkin juga tidak kamu sadari. Misalnya saja karena kurangnya enzim ataupun juga vitamin yang dibutuhkan tubuh untuk membantu proses metabolisme, adanya reaksi abnormal yang menghambat proses metabolisme, kelainan pada organ penting penunjang metabolisme, dan beberapa hal lain. Selain itu, gangguan metabolisme juga bisa menyebabkan penyakit ini, Ladies.

Karena Mutasi Gen yang Diturunkan

Selain penyebab yang telah disebutkan sebelumnya, gangguan metabolisme ini juga bisa disebabkan lantaran lantaran terjadinya mutasi gen yang diturunkan. Berdasarkan sebuah penelitian yang diunggah oleh National Institutes of Health, ada beberapa gen pada etnis tertentu yang bisa memicu terjadinya kelainan metabolisme bawaan. Misalnya saja penyakit anemia bulan sabit di Afrika ataupun juga cystic fibrosis di Eropa Utara.

Penyakit yang Disebabkan Gangguan Metabolisme

Sementara itu penyakit yang bisa disebabkan lantaran gangguan metabolisme cukup banyak jumlahnya. Namun yang paling umum terjadi adalah diabetes, bisa tipe 1 ataupun tipe 2. Diabetes ini sendiri dipicu kurangnya kadar insulin dalam tubuh sehingga memicu gangguan lainnya. Selain penyakit diabetes ada banyak jenis penyakit lainnya yang perlu untuk kamu waspadai. Misalnya saja…

1. Phenylketonuria

Ini merupakan gangguan yang bisa menyebabkan tubuh tidak mampu memproduksi enzim, keterbelakangan mental, dan postur tubuh tidak biasa. Untuk kelainan ini, biasanya bisa ditangani dengan mengonsumsi beberapa jenis protein tertentu.

2. Hemorchromatosis yang Diturunkan

Hemorchromatosis ini merupakan kondisi dimana tubuh bisa menyimpan zat besi secara berlebihan di beberapa organ. Karena penumpukan zat besi yang berlebihan inilah bisa menyebabkan penyakit yang membahayakan. Misalnya saja ada kanker hati, diabetes, sirosis hati, dan gangguan jantung.

3. Gaucher’s

Penyakit lainnya yang sangat mungkin terjadi adalah Gaucher’s yang merupakan kondisi di mana tubuh tidak bisa memecah lemak tertentu. Akibatnya akan terjadi penumpukan pada hati, limpa, dan juga sumsum tulang belakang. Ada tiga jenis utama penyakit Gaucher’s, yakni tipe 1, tipe 2, dan tipe 3.

4. Alkaptonuria

Alkaptonuria merupakan kondisi yang cukup langka dimana urine yang dikeluarkan seseorang memiliki warna gelap saat bersentuhan dengan udara. Gejalanya biasanya adalah mengalami radang sendi, terutama di bagian tulang belakang.

5. Metabolic syndrome

Metabolic syndrome dalam istilah kedokteran ternyata menggambarkan kombinasi dari sejumlah penyakit, yakni hipertensi (tekanan darah tinggi), hiperkolesterolemia (kadar kolesterol tinggi), hiperglikemia (kadar gula darah tinggi), serta obesitas secara bersamaan.

Maka dari itulah Ladies, usahakan untuk menjaga kesehatan tubuh dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai menyesal karena telah berlaku kurang baik pada tubuh sendiri.

Sumber: Hello Sehat, Klik Dokter, Sanofi, Foto cover: creative-biolabs.com

Must Read

Related Articles