Pakaian luntur kadang bisa juga luput dari kendali kita. Mungkin kita sudah berusaha memisahkan pakaian mana saja yang mungkin luntur sehingga menyebabkan noda pada pakaian lain. Kalau sudah luntur, kadang noda pun agak susah dihilangkan. Nah, kalo sudah begitu pakaian kesayangan jadi tak cantik lagi deh. Butuh trik-trik khusus untuk menghilangkan noda luntur pada pakaian. Apa saja? Yuk, simak informasinya.

Gunakan belimbing wuluh

Salah satu bahan alami yang bisa membantu menghilangkan noda luntur pada pakaian adalah belimbing wuluh. Pasti Ladies sudah tak asing lagi bukan dengan bahan satu ini? Selain harganya terjangkau, belimbing wuluh juga tak sulit ditemukan. Cara menggunakannya juga mudah, oleskan air belimbing wuluh pada noda kemudian diamkan beberapa menit lalu kucek sebentar. Bilas, lalu lanjutkan dengan mencucinya seperti biasa.

Coba dengan baking soda

Ladies, kamu pasti sudah tak asing lagi dengan bahan membuat kue yang satu ini. Yap, baking soda. Ternyata, baking soda menyimpan manfaat lain yakni untuk membantu ibu-ibu membersihkan noda, termasuk noda luntur pada pakaian. Caranya mudah saja, cukup siapkan detergen yang biasa kamu pakai sehari-hari, baking soda, dan juga air. Campurkan baking soda dengan detergen lalu oles pada bagian yang terkena noda bekas luntur. Rendam kurang lebih 15 hingga 30 menit lalu kucek seperti biasa.

Tak ada salahnya coba dengan cuka

Selain kedua bahan di atas, kamu juga bisa menggunakan cuka untuk mengembalikan pakaian kamu dari bekas noda luntur yang mengganggu. Cara menghilangkan noda luntur dengan bahan satu ini bisa dibilang paling simpel dan tak merepotkan tentunya. Cukup dengan mengoleskan air cuka pada bagian baju yang terkena noda luntur, kemudian kucek sebentar lalu rendam pada air yang sudah dicampur detergen. Untuk hasil maksimal, rendam lagi selama beberapa saat sebelum dicuci seperti biasa.

Campur detergen kamu dengan vetsin

Bahan dapur lain yang juga bisa kamu jadikan bahan campuran untuk hilangkan noda membandel bekas luntur yang tak kunjung hilang adalah vetsin. Langkah yang harus kamu lakukan adalah: pertama siapkan ember yang berisi air hangat, kedua masukkan detergen dan vetsin . Lalu, masukkan pakaian yang terkena noda luntur dan diamkan kurang lebih 30 menit. Kemudian kucek dan bilas. Selanjutnya, cuci dengan detergen seperti biasa. Cara yang satu ini dianjurkan untuk pakaian yang terkenda noda luntur cukup banyak, Ladies.

Bisa dicoba nih ke pakaian yang udah jadi korban. Atau, dicatat aja dulu ya, jadi kalau kejadian, udah tahu harus coba yang mana. 😀

via GIPHY

 

Sumber: Vemale

 

Komentar Kamu
Loading...