Traveling ke berbagai kota ataupun negera, sepertinya, adalah impian dari semua orang. Selain berkesempatan untuk mengenal kebudayaan dan kuliner lokal, Ladies juga jadi memiliki stock foto keren di Instagram. 😆 Namun, tentu saja, kendala dalam melakukan traveling, tiada lain tiada bukan, adalah dana. Traveling memang membutuhkan dana yang tidak sedikit, dari mulai tiket, penginapan, makanan, hingga oleh-oleh. Namun bukan berarti dana harus menjadi halangan bagi Ladies untuk mengeksplor dunia.

Ada beberapa tips menyisihkan uang untuk tabungan traveling. Apa saja? Simak daftarnya di bawah ini, Ladies. 😉

1. Berhenti jajan camilan

tips tabungan traveling
Foto: collegemagazine.com

Disadari atau tidak, camilan adalah salah satu keran pengeluaran terbesar dalam anggaran belanja Ladies. Harga camilan memang relatif terjangkau, tetapi masalahnya adalah, camilan sama sekali tidak mengenyangkan jadi Ladies akan tetap merasa lapar. Alhasil, pengeluaran untuk makan pun menjadi dobel. Sebaiknya Ladies kurangi jajan camilan, atau sekalian berhenti saja. Selain berhemat, Ladies juga sekaligus membersihkan perut dari berbagai zat-zat tidak aman bagi tubuh, seperti gula dan garam berlebih, pewarna dan pemanis buatan, juga MSG.

2. Membawa bekal makan siang dari rumah

tips tabungan traveling
Foto: justonecookbook.com

Cara lain untuk berhemat adalah dengan membawa bekal makan siang dari rumah. Selain lebih murah, sudah tentu lebih aman pula karena Ladies tahu apa yang Ladies makan. Sekalian bekali diri dengan buah dan snack yang lebih menyehatkan.

3. Membuat daftar belanjaan

tips tabungan traveling
Foto: huffingtonpost.com

Setiap bulan, Ladies pasti akan belanja beberapa barang keperluan. Agar Ladies tidak kalap atau lapar mata, sebaiknya buatlah daftar belanjaan terlebih dahulu. Sortir setiap daftar dengan baik, apakah Ladies benar-benar membutuhkannya atau sekadar ingin saja.

4. Makan sebelum belanja

tips tabungan traveling
Foto: authoritynutrition.com

Meskipun terkesan tidak penting, tetapi sebenarnya poin ini sangatlah penting. Apabila Ladies belanja saat perut belum terisi, dijamin deh, semua camilan di supermarket terlihat menggiurkan! Hasilnya, Ladies membeli banyak makanan yang sebetulnya tidak Ladies perlukan. Jadi, usahakan makan hingga kenyang terlebih dahulu sebelum belanja ya, Ladies. 😉

5. Membawa uang seperlunya saat belanja

tips tabungan traveling
Foto: pixabay.com

Jangan membawa kartu debit ataupun kredit saat belanja, usahakan bawa uang pas agar Ladies dapat mengendalikan pengeluaran. Jika Ladies membawa uang lebih, pasti deh ada perasaan ingin membeli ini-itu yang lagi-lagi belum tentu Ladies butuhkan. Jangan lupa pisahkan uang untuk ongkos, salah-salah, Ladies malah harus pulang jalan kaki lagi.

6. Puasa

Bagi umat muslim, puasa adalah perwujudan dari pepatah, sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui. Ibadah iya, hemat iya, diet pun iya. 😉 Jika Ladies merasa kurang mampu mengendalikan nafsu ngemil, sebaiknya cobalah untuk berpuasa agar nafsu makan benar-benar terkontrol dan terkendali. Jika berpuasa, Ladies pasti akan sepenuh hati menahan diri karena tidak ingin kehilangan pahala.

7. Menghemat pengeluaran untuk pulsa

tips tabungan traveling
Foto: shutterstock.com

Di era digital, pulsa atau kuota sudah menggeser kebutuhan pangan. Ladies sepertinya lebih rela membeli pulsa Rp 100 ribu daripada makan seharga Rp 80 ribu, iya kaaannn? Hihihi. Nah, jika Ladies ingin dapat menabung, berhematlah dalam menggunakan kuota. Ladies bisa membatasi penggunaan internet, atau juga bisa mengandalkan wifi di rumah, kampus, atau kantor.

8. Menjual barang-barang yang jarang terpakai

tips tabungan traveling
Foto: metros.events

Sudah berhemat tapi tabungan belum juga cukup? Waktunya mengintip lemari dan meja, lalu mencari barang-barang yang sudah jarang terpakai tetapi masih layak untuk dijual. Instagram, Twitter, dan berbagai aplikasi e-commerce saat ini sangat memudahkan Ladies untuk mewujudkan tips nomor 8 ini loh.

9. Mencari pekerjaan sampingan

Langkah terakhir untuk mendapatkan biaya tambahan adalah dengan mencari pekerjaan sampingan, yang tentu saja bersifat freelance. Meskipun hasilnya tidak seberapa, tapi jika dikumpul-kumpul, pasti akan terasa banyaknya. 😉

10. Tagih hutang

Uang untuk tiket dan akomodasi udah cukup. Tapi lumayan nih kalau ada uang tambahan sebagai dana cadangan. Nah, kalau kamu termasuk yang suka ngerasa nggak enak ketika harus nagih utang ke teman, sekarang adalah saat yang tepat! Walaupun nggak menjamin sih ya… Hehe. Sekalian mengingatkan nih, siapa tahu mereka lupa. Dan syukur-syukur mereka beneran berniat membayar.

Udah siap mencoba tips-tips ini demi bisa traveling, Ladies?

Sumber: Airtreks.com, Foto cover: pixabay.com

Komentar Kamu