Selain masalah jerawat, mata panda juga bisa jadi faktor yang membuat penampilan wajah kurang maksimal. Meskipun bisa diakali dengan memakai concelear dan korektor mata, dark circle ini dinilai cukup mengganggu, bukan? Apalagi jika makeup sudah luntur akibat keringat ataupun air, bikin penampilan jadi berantakan ya, Ladies! Penampilan jadi kurang maksimal dan rasa percaya diri pun akan berkurang. Apa sih penyebab mata panda?

Penyebab Mata Panda

Mata panda disebut juga dengan kantung mata. Saat usia seseorang makin bertambah, maka jaringan yang menopang bagian mata akan makin melemah. Meskipun bukan merupakan masalah medis yang serius, mata panda bisa mengganggu penampilan. Selain faktor usia, hal lain yang menyebabkan munculnya mata panda adalah kelelahan, dan kurang tidur.

Berikut ini tips yang bisa kamu lakukan untuk mencegah timbulnya mata panda, Ladies!

Hindari terlalu sering mengucek mata

Tips Agar Terbebas dari Mata Panda
Foto: japansoftlens.com

Saat mata terasa gatal akibat kemasukan benda asing seperti debu atau bulu mata, refleks tubuh yang biasa muncul adalah berusaha mengeluarkannya dengan mengucek mata. Kebiasaan sederhana ini rupanya bisa bikin kantung mata atau mata panda loh, Ladies! Ketika seseorang menggosok matanya dengan bagian punggung tangan yang keras maka akan meninggalkan trauma pada kulit di sekitar mata. Ini menyebabkan pembuluh kapiler pecah sehingga kulit jadi membengkak dan akhirnya menggelap. Selain menimbulkan mata panda, kebiasaan ini bisa mengundang garis halus sehingga seseorang akan terlihat lebih tua.

Pakai sunscreen saat bepergian ke luar rumah

Tips Agar Terbebas dari Mata Panda
Foto: beautynesia.id

Hal lain yang bisa kamu lakukan untuk mencegah timbulnya kantung mata adalah menggunakan sunscreen ketika pergi ke luar rumah. Efek buruk sinar matahari bisa mengundang pigmentasi ya, Ladies. Kulit di sekitar mata terutama pada bagian bawah mata memiliki lapisan yang lebih tipis. Itulah sebabnya, penting untuk menggunakan sunscreen di bawah kelopak mata sebagai proteksi. Agar nyaman digunakan, pilih produk sunscreen yang mudah meresap dan tidak perih di kulit.

Kurangi konsumsi garam

Tips Agar Terbebas dari Mata Panda.doc
Foto: fitday.com

Garam dikenal sebagai raja dapur. Hampir semua makanan normal yang kita konsumsi mengandung garam. Mulai dari makanan utama hingga cemilan dan makanan ringan lainnya. Garam bersifat mengikat air yang ada dalam tubuh. Jika terlalu banyak mengonsumsi garam, maka tak menutup kemungkinan akan terjadi dehidrasi. Alhasil, kulit pun jadi kering. Ini sangat berpengaruh pada kelembaban dan elastisitas kulit di bawah mata dan menyebabkan lingkaran hitam terlihat makin jelas.

Perbanyak minum air putih

Tips Agar Terbebas dari Mata Panda
Foto: erabaru.net

Untuk menjaga elastisitas kulit, dibutuhkan cairan yang cukup. Untuk itu, perbanyaklah minum air putih. Tak hanya baik untuk kulit, banyak minum air putih juga baik untuk kesehatan anggota tubuh lainnya, Ladies! Berkurangnya elastisitas kulit tak hanya menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata terlihat lebih jelas, namun juga membuat panmpilan terlihat lebih tua. Mulailah mengganti minuman berkarbonasi dan berprotein dengan segelas air putih yang menyehatkan.

So, udah siap mencoba tips-tips di atas ya, Ladies?

Sumber: Vemale, Foto cover: akbarfiveone

Komentar Kamu