Penyuka film atau tidak, sepertinya nonton film di bioskop adalah salah satu aktivitas favorit banyak orang. Entah itu untuk quality time bersama keluarga atau untuk mengisi malam minggu. Tinggal disesuaikan aja mau nonton film yang mana. Makanya nggak heran kalau ada banyak tipe penonton bioskop yang bisa kami temui. Ada yang biasa aja, ada yang menyebalkan seperti yang MeraMuda mau bahas kali ini. Kamu pasti pernah ketemu sama salah satunya.

1. Main hape

Sebelum film diputar, pihak bioskop selalu ngasih tau peraturan waktu nonton di bioskop. Salah satunya adalah nggak main hape. Tapi orang-orang tipe ini sepertinya memegang prinsip “Peraturan itu ada hanya untuk dilanggar.” Main hape sebelum filmnya mulai? Oke, masih wajar. Mungkin mau update di sosmed kalau dia mau nonton atau mau ngasih tau teman chatnya kalau filmnya udah mau mulai. Tapi begitu filmnya mulai dan masih juga terus-terusan main hape, itu menganggu banget sih.

Apalagi kalau suara ringtone kamu kenceng banget. Kan bete misalnya di film adegan jagoannya lagi ngumpet, suasana hening, yang nonton tegang, eh terus tau-tau ada lagu ‘Despacito’ dari hape penonton.

“Tapi kan hapenya udah di-silent.”

via GIPHY

Sama aja ganggunya, sist! Tahu kaaan kalau bioskop itu gelap? Cahaya dari hape, yang menurut kamu nggak ganggu itu, nyatanya bisa jadi distraksi buat penonton lain. Terutama yang di sebelah kamu dan yang duduknya di barisan di atas kamu. Lagian, sedarurat apa sih pesannya sampai harus dibalas saat itu juga?

2. Ngobrol

via GIPHY

Waktu nonton sama teman, kayaknya udah pasti kita bakalan ngobrol. Obrolan singkat dengan volume biasa sih masih wajar. Tapi ada loh penonton yang suka cekikikan, ngobrol kenceng, atau ngomong terus hampir sepanjang durasi filmnya. Ini penonton apa narator filmnya sih sebenernya? Belum lagi kalau omongannya sama sekali nggak ada hubungannya sama film yang ditonton. Contohnya gini.

Masih wajar: “Eh, ini yang jadi penjahat siapa nama aktornya? Ganteng juga yah.”

Nggak wajar: “Abis ini nyobain restoran baru yang di lantai 2 itu, yuk. Tempatnya Instagramable banget soalnya.”

3. Bolak-balik

via GIPHY

Panggilan alam emang susah dilawan. Apalagi kalau sebelum filmnya mulai emang nggak sempet ke bioskop. Tapi bentar-bentar udah bolak-balik terus, lumayan mengganggu sih.

4. Anak kecil

via GIPHY

Bukannya MeraMuda nggak suka anak-anak nih… Tapi kadang orang tua ngide banget ngajak anak-anaknya nonton film yang nggak sesuai untuk umur anaknya. Diajak nonton film action lah, film romantis, film horror, atau malah film animasi padahal filmnya ditujukan untuk penonton dewasa… Wajah aja kalau ceritanya jadi nggak menarik buat mereka dan mereka akan mengisi waktunya melakukan apa aja yang menurut mereka lebih seru. Misalnya lari naik-turun tangga atau konser dadakan.

5. Nendang bangku

via GIPHY

Sekali, masih wajar. Mungkin nggak sengaja atau dia orangnya tinggi banget dan masih nyari posisi yang enak. Atau bisa juga karena mau ngasih jalan ke orang yang mau lewat. Tapi kalau terus-terusan, berarti dia kurang bisa menghargai hak penonton lain nih. Kalau terganggu, nggak ada salahnya untuk menegurnya dengan sopan, Ladies. Bilang aja, “Mas/mbak, kalau mau angkat kaki di tempat refleksi aja.” Atau yah, yang semacam itulah, cari sendiri alasannya ya.

6. Yang kagetan

via GIPHY

Ini tipe yang mencoba berani nonton film horror atau thriller, tapi sebelum adegan seremnya mulai, sebelum setannya muncul, dia udah teriak duluan. Dan teriakannya ini yang bikin penonton lainnya kaget. Belum lagi kalau orangnya latah. Hmmm…

7. Tukang spoiler

via GIPHY

Wah ini. The worst of all. Mungkin mereka udah baca review filmnya. Mungkin filmnya adaptasi dari buku dan mereka udah baca habis bukunya. Mungkin juga mereka udah nonton film itu sebelumnya. Apapun alasannya, tipe yang kayak gini tetep aja yang paling nyebelin. Belum lagi kalau ngomongnya kenceng.

Bayangin, kamu lagi nonton sebuah film dan penasaran banget dengan kelanjutannya. Apakah si jagoan akan berhasil kabur? Apa dia akan melawan si penjahat dan berhasil menjaga perdamaian dunia? Apakah Aris Idol dan Ihsan Tarore masih cekcok? Argh, sungguh menegangkan!

Terus tiba-tiba ada suara gaib yang berkata. “Abis ini jagoannya kepleset di tangga terus mati. Penjahatnya menang.” Pengen garuk-garuk tanah, kan?

Terkadang mereka memilih menebar spoiler di akun sosial media mereka. Pokoknya semua plot twist di film bakal mereka bocorin. Tanpa peringatan spoiler alert pula. Kejam memang. Sampai sekarang MeraMuda masih meneliti motif yang mendorong para tukang spoiler ini (halah). Dan sejauh ini menurut kami orang tipe ini hanya ingin terlihat atau terdengar lebih pintar dibanding penonton lainnya. Atau mereka emang suka aja bikin penonton lain menderita.

Itu dia beberapa tipe penonton bioskop yang menyebalkan. Kalau kamu merasa sebagai salah satunya, segeralah bertobat, Ladies. Masih belum terlambat. Hahaha. Ada yang mau nambahin tipe lainnya? Langsung aja curhat di komen yaaa…

Foto cover: Shutterstock

Komentar Kamu