Sebel nggak sih Ladies, saat kerjaan lagi banyak-banyaknya tapi pikiran malah nggak fokus. Mulai dari suasana hati tak menentu, notifikasi media sosial yang bertubi-tubi, suara bising, bahkan detak jam pun terkadang mengganggu konsentrasi. Duh, kalau gini bisa jadi kacau balau. Bisa-bisa pekerjaan tidak rampung hari itu dan terpaksa dibawa pulang. Bikin kerjaan dobel banget kan…

Agar Ladies senantiasa bisa fokus mengerjakan kewajiban dan tetap konsentrasi sepanjang hari, berikut tips yang bisa dilakukan.

Meditasi sejenak

susah fokus saat kerja tips
Foto: mhnpulse.com

Jika kamu benar-benar sudah tidak bisa konsentrasi, berhentilah dari semua aktivitasmu dan lakukan meditasi. Tak perlu lama sampai berjam-jam, hanya butuh waktu 15 menit saja. Meditasi sudah terbukti dapat mengembalikan fokus dan juga konsentrasi, jadi kamu akan bisa mengerjakan semua job desc dengan lancar. Jika kamu kurang berpengalaman dengan meditasi, bisa cari refernsi di YouTube ya. Sudah banyak kok sekarang tutorial meditasi anti ribet yang bisa diadopsi.

Kurangi multitasking

susah fokus saat kerja tips
Foto: selfthrive.com

Multitasking akan banyak menyita perhatian, energi dan juga fokus. Jika otak sudah kelelahan, bisa-bisa mogok dan nggak mau ngapa-ngapain lagi. Agar kamu bisa tetap fokus sepanjang hari, kurang-kurangi yang namanya melakukan multitasking. Niatnya sih baik dengan melakukan multitasking pekerjaan akan cepat selesai, tapi kalau otak sudah kelelahan apa mau dikata? Lebih baik membuat to do list agar tahu dengan jelas mana yang harus diprioritaskan. Kerjakan pekerjaan yang membutuhkan kreativitas tinggi lebih dulu. Setelah itu baru deh kerjakan yang lainnya.

Istirahat sejenak

susah fokus saat kerja tips
Foto: spinecenteroftexas.com

Jika sudah melakukan meditasi dengan mengurangi multitasking tapi masih nggak bisa fokus, mungkin tubuh kamu yang lelah. Jangan memaksakan diri ya, Ladies. Ambil 15-30 menit untuk istirahat agar bisa kembali fokus. Istirahat nggak selalu berarti tidur. Kamu bisa jalan-jalan ataupung sekedar ngobrol ringan sama rekan kerja.  

Konsumsi air putih atau kafein

susah fokus saat kerja tips
Foto: comerecommended.com

Salah satu penyebab hilangnya konsentrasi adalah kurangnya asupan cairan di dalam tubuh. Maka dari itu, selalu sediakan air mineral di dekat meja kerjamu ya. Jika sering kelupaan kamu bisa menyalakan alarm di smartphone sebagai pengingat minum agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Jika dirasa air putih belum cukup, kamu bisa minum kafein, bisa kopi ataupun juga teh. Cara yang begitu nikmat untuk mengembalikan semangat.

Rapikan meja kerja

susah fokus saat kerja tips
Foto: glamour.com

Kondisi lingkungan yang tidak mendukung, misalnya saja meja kerja yang begitu berantakan juga menyebabkan susah konsentrasi. Ambil waktu sejenak untuk membersihkan dan merapikan berbagai barang yang terdapat di meja kerjamu agar konsentrasi bisa kembali seperti sedia kala. Serta lakukan pembersihan terhadap file-file yang terdapat di desktop. Desktop itu termasuk juga lingkungan kerja bukan, Ladies? Hehe…

Terapkan pola hidup sehat

susah fokus saat kerja tips
Foto: mdpcdn.com

Jika gangguan konsentrasi ini intensitasnya sering, sepertinya ada yang salah dengan pola hidupmu. Ada baiknya untuk memulai pola hidup yang sehat, misalnya saja olahraga secara teratur dan tidur yang cukup 7-8 jam setiap harinya. Satu hal lagi, kurangi mengosumsi junk food yang sangat tidak baik untuk kesehatan. Jika kamu melakukan pola hidup yang sehat, semangat kerja akan datang dengan sendirinya.

Susah fokus memang benar-benar membuat semuanya berantakan. Yang biasanya bisa dikerjakan dalam waktu sebentar bisa jadi berjam-jam. So, bantu dengan tips di atas agar tetap fokus kerja dan selesai tepat waktu. Back to work!

Sumber: Pop Bela, Femina, Foto cover: doctoroz.com

Komentar Kamu