Thai tea ataupun teh dari Thailand belakangan ini booming di Indonesia. Memiliki rasa dan warna yang khas, minuman ini sekarang sudah banyak tersedia di berbagai pusat perbelanjaan, bahkan juga sudah ada di pinggir-pinggir jalan. Thai tea atau yang dikenal juga dengan sebutah Thai iced tea ini memiliki aroma yang unik yang ternyata berasal dari teh Ceylon sebagai bahan utamanya.

Namun lantaran harga teh Ceylon yang lumayan mahal, teh Bai Miang asal Thailand jadi penggantinya. Biasanya ditambah dengan pewarna merah dan juga orange untuk memberikan efek Thai tea asli. Selain teh bahan lainnya yang diperlukan untuk membuat minuman yang sedang hits ini adalah susu kental manis dan juga evaporated milk. FYI, susu kental manis (condensed milk) dan evaporated milk ini hampir mirip, Ladies. Bedanya adalah, evaporated milk itu nggak manis. 🙂

Bagi Ladies yang pengin buat Thai tea ini di rumah, langsung aja simak resep selengkapnya nih.

Bahan-bahan

resep thai tea
Foto: smugmug.com
  • 1 sendok makan teh hitam asal Thailand (bisa Ceylon ataupun Bai Miang)
  • 1 cangkir air mendidih
  • 2 sendok teh susu kental manis
  • 2 sendok teh evaporated milk
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 1 mangkok es yang sudah dihancurkan

Langkah Membuatnya

  1. Masukkan 1 sendok teh hitam ke dalam air mendidih biarkan beberapa saat.
  2. Saring teh, lalu masukkan gula susu kental manis dan aduk sampai merata, lalu tuangkan evaporated milk dan aduk sampai semuanya tercampur dengan baik.
  3. Setelah itu masukkan es yang sudah dihancurkan, jika ingin hasil yang lebih sempurna kamu bisa mengocok menggunakan bottle shaker yang biasanya digunakan para bartender. Atau jika ingin simple, blender saja tapi jangan terlalu lembut.
  4. Tuangkan ke dalam gelas saji dan Thai tea sudah siap untuk dinikmati!

Jika tidak suka minuman dingin, bisa juga dikreasikan dalam versi hangat kok. Lumayan nih untuk jamuan tamu di rumah atau sekadar sebagai pendamping cemilan. Kalau masih kurang jelas, kamu bisa melihat video tutorial membuat Thai tea berikut ini, Ladies. Selamat mencoba!

Sumber: eatingthaifood, Foto cover: drhealthbenefits.com

Komentar Kamu