Setelah melalui negosiasi yang panjang dan sulit, sutradara Patty Jenkins dan Warner Bros akhirnya menemui kata sepakat. Sutradara peraih berbagai penghargaan tersebut akhirnya bersedia kembali menduduki bangku sutradara Wonder Woman. Keputusan Patty untuk menyutradarai Wonder Woman 2 menjadikannya sebagai sutradara perempuan dengan gaji tertinggi sepanjang sejarah. Meskipun memang, untuk sampai ke poin tersebut, satu sumber menyebutkan bahwa prosesnya sangat ‘menantang’.

Patty bukanlah pilihan utama untuk Wonder Woman. Sutradara Michelle McLaren adalah sutradara yang awalnya diplot untuk menyutradarai kisah lanjutan Diana Prince tersebut, tetapi terpaksa mundur karena perbedaan konsep. Namun Patty membuktikan kemampuannya dalam hal penyutradaraan sehingga berhasil bekerja sama dengan sang bintang, Gal Gadot. Akan tetapi, Warner Bros tampaknya bersikap sangat berhati-hati karena Patty hanya dikontrak untuk satu film saja.

Saat Wonder Woman menjadi box office di berbagai belahan dunia dan mendapatkan pendapatan kotor sebesar $103 juta di pekan pertamanya, Patty dan timnya segera naik ke posisi yang menguntungkan. Nilai Patty terus menanjak tajam dengan prestasi Wonder Woman yang terus meningkat. Wonder Woman meraih pemasukan sebesar lebih dari $402 juta hanya di ranah domestik, sementara secara keseluruhan, Wonder Woman sudah mencapai angka $800 juta. Sebuah fenomena yang langka dan luar biasa untuk summer movie yang memiliki banyak pesaing.

Satu sumber menyatakan, Warner Bros menawarkan honor sebesar $7 hingga $9juta dari penyutradaraan dan penulisan naskah untuk Wonder Woman 2.

Namun, gaji tersebut belum termasuk komisi yang akan didapatkannya setelah shooting selesai. Kesepakatan dengan Warner Bross ini merupakan lompatan luar biasa bagi Patty yang “hanya” dibayar sebesar $1 juta untuk Wonder Woman. Namun nilai ini sepadan karena sutradara Zack Snyder pun menerima gaji setara saat menyutradarai Man of Steel. Seperti yang Ladies ketahui, prestasi Wonder Women di box office sudah melampaui Superman jadi uang $7 atau $9 juta seharusnya bukan menjadi masalah.

Selain menjadi rekor untuknya secara pribadi, honor Patty adalah sebuah gebrakan bagi sineas wanita di Hollywood. Banyak yang berharap kesepakatan Patty dengan Warner Bros akan mewujudkan kesetaraan gaji yang diimpikan sineas wanita Hollywood sejak dahulu.

Sementara, Warner Bros mengonfirmasi bahwa Wonder Woman 2 akan rilis pada tanggal 13 Desember 2019. Girl power!

Sumber dan foto cover: Hollywood Reporter

Komentar Kamu