Keluhan kegemukan memang lebih banyak ditemukan pada kaum wanita. Maklum saja, risiko wanita untuk menimbun lemak dan menjadi gemuk lebih tinggi jika dibanding dengan pria. Kok bisa? Ada tiga alasan medis dan logisnya ladies. Pertama, ini terjadi karena adanya perbedaan hormon antara pria dan wanita. Kedua, masa otot wanita pun lebih sedikit jika dibandingkan para adam. Ketiga karena aktivitas kebanyakan wanita lebih sedikit daripada kebanyakan pria.

Bahkan tak jarang kaum wanita tak segan melakukan diet ketat yang menyiksa hingga mengeluarkan banyak uang demi mendapatkan tubuh ideal yang diidamkan. Bikin pusing bukan? No worry, Ladies! Ada kok cara simpel untuk menjaga tubuh biar tetap ideal nggak mahal dan nggak menyiksa. Penasaran?

Tak perlu nge-gym mahal gaya artis, olahraga ringan bikin lemak tipis

nggak perlu diet jaga tubuh ideal
Foto: theclubmom.com

Olahraga adalah salah satu kunci memiliki tubuh ideal. Aktivitas fisik menggilas habis lemak berlebih yang ada dalam tubuh. Tak perlu harus selalu pergi ke fitness center dan didampingi oleh instruktur ya, Ladies, apalagi fitness center ala-ala artis. Sesekali boleh lah, tapi kalau memang budget nggak memungkinkan, yah apa boleh buat? Olahraga ringan seperti push up, skipping, berenang, jogging, sit up di rumah pun bisa dilakukan. Selain hemat biaya, tentunya waktunya lebih fleksibel. Cobalah melihat beberapa video para trainer di Youtube dan terapkan di rumah. Jangan lupa pemanasan ya, untuk menghindari cedera.

Secara psikologis, makan dengan piring kecil bisa kurangi porsi makan

nggak perlu diet jaga tubuh ideal
Foto: tokopedia.com

Selain olahraga, faktor lain yang membuat tubuh tetap ideal adalah menjaga pola makan sehat dan cukup sesuai kebutuhan tubuh. Porsi makanan untuk kamu yang banyak melakukan aktivitas di luar rumah tentu berbeda dengan yang biasa dalam ruangan. Sesuaikan makanan yang masuk dalam tubuh dengan aktivitas yang dilakukan sehari-hari. Untuk membatasi, kamu bisa mengganti piring yang biasa digunakan dengan piring lain yang ukurannya lebih kecil. Secara otomatis, porsi makanan yang kamu ambil pun akan berkurang.

Kunyah makanan lebih lama

nggak perlu diet jaga tubuh ideal
Foto: manfaat.co.id

Manfaat mengunyah makanan dengan benar selain dapat membantu mempercepat proses pencernaan makanan di dalam tubuh juga bisa bikin kita cepat kenyang loh! Loh kok bisa? Sementara kita banyak mengunyah, secara otomatis otak akan menstimulasi bahwa sudah banyak makanan yang masuk ke mulut dan itu akan membuat kita merasa kenyang. Padahal sebenarnya, jika dihitung porsi makanan yang masuk ke mulut akan lebih sedikit ketimbang biasanya. Jadilah dengan mengunyah makanan lebih lama akan membuat kita merasa lebih cepat kenyang.

Selfie, foto muka sendiri bikin kita makin sadar diri

nggak perlu diet jaga tubuh ideal
Foto: louiseadolphson.se

Bagi sebagian orang, selfie memang tidak ada gunanya selain menghasilkan gambar sendiri. Tapi Ladies, coba deh lihat dari sudut pandang yang lain. Jika kita sering selfie makan kita akan tahu bentuk bagaimana wajah dan bentuk tubuh kita. Apakah terlalu chubby kah, terlalu tirus kah… Dengan demikian, kamu pasti akan lebih termotivasi untuk menjaga berat badan ideal sehingga bisa dihasilkan foto seperti yang diinginkan. Tapi, selalu ingat untuk selfie pada waktu dan tempat yang tepat. Jadikan sebagai motivasi aja ya, jangan sampai jadi obsesi untuk punya penampilan yang sempurna. Lagian, selfie kan bisa diakalin. Ehehe.

Jaga bentuk tubuh ideal dimulai dari niat, Ladies. Yang paling penting, lakukanlah supaya kamu punya tubuh yang sehat dan bisa beraktivitas dengan lebih semangat, ya!

Sumber: Solo Pos, Foto cover: produkwish.com

Komentar Kamu