Susu adalah salah satu sumber makanan yang banyak dihindari oleh mereka yang sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan. Padahal, gurihnya susu bercampur dengan rasa manis itu ngangenin banget. Nah, buat kamu yang sedang diet dan takut gemuk alias berat badan bakalan naik karena konsumsi susu, produk satu ini patut dicoba.

Sekelompok mahasiswa asal kota gudeg, Yogyakarta, mencoba menawarkan solusi untuk masalah ini.

Susu yang berasal dari hewan kini digantinya dengan bahan nabati dari alam. Adalah kacang tanah yang dipilih sebagai bahan baku utamanya. Semakin meningkatnya jumlah masyarakat Indonesia yang mengalami obesitas adalah motivasi mereka untuk menemukan cara menekan laju pertumbuhan angka penyandang obesitas.

“Hasrat dan keinginan makan diatur oleh otak, tepatnya pada nucleus arkuata bagian dari hipotalamus yang akan menghasilkan hormon serotonin dan hormon ini memiliki fungsi menurunkan nafsu makan dan penginduksi kepuasan makan.” Terang Ketua Pengembang Sukata, Sekar Risdipta pada Selasa 11 Juli 2017.

Ia menambahkan bahwa hormon serotonin dipengaruhi oleh asam amino triptofan. Sumber asam amino triptofan itulah yang banyak terdapat pada kacang-kacangan, termasuk kacang tanah yang tiap 100 gram kacang tanah mengandung 250 mg asam amino triptofan. Tentu saja, ini bisa menekan nafsu makan.  

Sekar yang ditemani oleh rekannya, Raka Permana dan Meilisa Khoiriya dari Fakultas Kedokteran, Wahyu Setyaningbudi dari Fakultas Teknologi Pertanian, serta Sri Wening Kumiajati dari Fakultas Kedokteran Hewan bersama-sama melakukan penelitian untuk menguji kebenaran bahwa kacang tanah bisa menurunkan nafsu makan seseorang.

Mulanya, sekar dan timnya melakukan percobaan pada 30 ekor tikus Sprague Dawley yang diberi makan dengan pakan yang tinggi kandungan fruktosa dan lemaknya. Hal ini dilakukan untuk menginduksi obesitas pada tikus-tikus tersebut. Selain konsentrat lemak dan fruktosa, sebagian tikus juga diberi susu kacang tanah yang diberikan melalui sonde oral selama 25 hari.

Setelah 25 hari, para peneliti muda tersebut mengambil sampel plasma darah semua tikus tersebut untuk mengetahui banyaknya kadar hormon serotonin yang ada pada tubuh mereka. Hasilnya, tikus yang diberi tambahan minum susu kacang tanah mengalami penambahan berat yang lebih sedikit. Tentu, hal ini sejalan dengan hipotesa mereka bahwa kacang tanah memang terbukti mampu menurunkan nafsu makan seseorang.

Gimana, Ladies, tertarik untuk mencoba Sukata?

Sumber: Liputan6.com, Foto cover: Liputan6.com

Komentar Kamu