High heels memang cantik saat dikenakan, tapi bagi mereka yang nggak biasa akan sangat menyiksa. Tak jarang, kaki akan mengalami lecet dan luka lantaran mengenakannya. Jika tak diatasi dengan baik, bisa-bisa kamu akan mengalami trauma saat dituntut untuk menggunakan high heels. Mau cantik memang perlu berkorban, tapi jika ada cara-cara untuk menyiasatinya bukankah itu bisa diterapkan?

Nah, buat Ladies yang selama ini merasa tersiksa saat mengenakan high heels, ada beberapa saran untuk mengatasinya dari ahlinya yakni Dr. Catherine Moyer seorang podiatry expert. Berikut ini saran yang beliau berikan, simak baik-baik ya, Ladies agar gunakan high heels terbebas dari rasa sakit.

Pastikan Kamu Mengenakan Sepatu Ukuran yang Pas

kaki sakit pakai high heels
Foto: fmag.com

Hal utama yang perlu untuk Ladies perhatikan betul adalah memilih sepatu yang sesuai dengan ukuran. Ukuran kaki bisa berubah setiap waktunya, terutama setelah melahirkan. Jadi sebelum membeli sepatu ada baiknya untuk mengukur kaki terlebih dahulu. Kan sayang, sudah beli mahal-mahal malah nggak terpakai kan, Ladies?

Kenali Jenis Kaki Sendiri

kaki sakit saat pakai high heels
Foto: sundaypost.com

Setiap orang memiliki jenis kaki yang berbeda, ada yang kecil ataupun juga besar. Ada yang lebar di bagian depan atau malah mungil semuanya. Ada yang panjang dan ada juga yang pendek, oleh sebab itulah, belajarlah untuk mengenali kaki sendiri. Jadi, nanti saat membeli high heels kamu bisa tahu, mana sih model yang cocok dikenakan dan nggak bakal sakit saat dipakai.

Makin Tebal Haknya Makin Baik

kai sakit saat pakai high heels
Foto: pinterest.com

Agar tidak semakin sakit, pilihlah high heels yang memiliki hak tebal, semakin tebal malah semakin bagus. Jika bisa, hindari yang namanya stiletto, cantik memang tapi jika tumit merasa kesakitan lebih baik nggak usah pakai deh. Jika sesekali pakai boleh-boleh saja, tapi kalau setiap hari pakai stiletto, pikirkan dulu deh.

Hindari Sol Tipis

kaki sakit saat pakai high heels
Foto: papasemar.com

Tips lainnya dari ahli adalah menghindari high heels yang memiliki sol tipis. Jenis-jenis alas kaki sol tipis akan membuat bagian dasar kaki jadi sakit. Jika begini sakit saat menggunakan high heels bisa jadi dobel, tumit dan kaki bagian bawah. Jadi, pilih sol yang tebal atau high heels platform saja.

Istirahatkan Kaki

kaki sakit saat pakai high heels
Foto: lovely.asia.com

Jika kamu sehari-hari mengenakan sepatu berhak tinggi, ada baiknya mengatur waktu sendiri untuk mengistirahatkannya. Jam istirahat ini bisa sangat fleksibel tergantung kamu ya, Ladies. Bisa saat jam istrirahat, akhir pekan, dan waktu-waktu luang lainnya. Agar kaki tidak kaget, pakai alas kaki yang memiliki tinggi setidaknya 3 cm, hindari yang benar-benar datar.

Regangkan Kaki

kaki sakit saat pakai high heels
Foto: ytimg.com

Agar kaki tidak kelelahan, jangan lupa untuk melakukan peregangan saat akan memakainya ataupun sehabis mengenakannya. Tak perlu peregangan yang ribet, Ladies bisa melakukan gerakan-gerakan kecil yang nyaman di kaki dan tumit. Ada satu lagi yang bisa kamu lakukan untuk membuat kaki nyaman setelah memakai high heels, yakni merendamnya dengan air hangat.

Nah, itulah tips yang bisa kamu lakukan agar high heels tak lagi jadi momok yang menyeramkan ya. Selamat mencoba, Ladies.

Sumber: Stylecaster, Foto cover: ssrehab.com

Komentar Kamu
Loading...