Boomerang kini menjadi aplikasi yang banyak diminati para pengguna media sosial, terutama Instagram karena kemampuannya membuat adegan sesederhana apapun menjadi menyenangkan. Mungkin Ladies adalah salah satu dari pengguna Boomerang ya. Nah, jika Ladies merasa selama ini hasil jepretan Boomerang Ladies biasa saja, ada beberapa solusinya loh. Ingin tahu apa saja sih tips menggunakan aplikasi Boomerang agar hasil mini video-nya tampak keren? Keep scrolling, Ladies! 😉

1. Pastikan handphone-mu dalam posisi yang stabil.

Langkah pertama adalah, jangan menggenggam handphone dengan tangan karena hasil Boomerang-nya sering tampak goyah. Ambil tripod, atau apapun yang dapat menopang handphone sehingga hasil Boomerang pun tampak sempurna. Jangan lupa, Ladies harus berlatih menemukan posisi, ketinggian, lokasi, dan bahkan timing yang tepat agar hasil Boomerang semakin sempurna.

2. Jangan membuat Boomerang seperti membuat GIF.

Meskipun tampak sama, tetapi GIF dan Boomerang berbeda loh. GIF memutar video singkat secara berulang-ulang sementara Boomerang memutar video ke depan, lalu mundur, lalu mengulanginya. Meskipun terkesan beti alias beda tipis, namun detail seperti ini sangatlah penting. Untuk membuat GIF loop, Ladies harus beradegan akhir seperti adegan awal. Namun dalam video Boomerang, adegan akhir justru harus berbeda dengan adegan awal agar tampak dramatis.

3. Tak ada video spektakuler, video sederhana pun jadi!

How can you say no to this? #flan 🍴 @dimemedia @vivemejor #dessert #tutwist

A post shared by victoria isabela (@victoriasbrokesecret) on

Melompat ke udara, loncat ke dalam kolam renang, atau memecahkan sesuatu (balon, gelembung) adalah video Boomerang standar yang dianggap epik. Namun Ladies tidak perlu selalu melakukan hal-hal luar biasa menakjubkan untuk mendapatkan video yang asyik. Contohnya, Ladies bisa hanya merekam adegan memotong kue. Oddly mesmerizing!

4. Rencanakan.

😂 @banjowen and @hannahrw, shot by @johnbarnett

A post shared by Boomerang from Instagram (@boomerangfrominstagram) on

Terkadang, hasil video yang keren adalah hasil perencanaan yang matang. Lakukan latihan beberapa kali, juga ambil video berkali-kali untuk mendapatkan hasil yang paling memuaskan.

5. Editing yang terbatas.

More #slide action at #work with @bradmoss10 trying the new #boomerang app by @instagram 😂 #IABUK

A post shared by Caroline Manson (@carolinemanson1) on

Salah satu kekurangan Boomerang adalah minimnya editing yang dapat dilakukan karena bergantung pada pilihan editing yang tersedia di Instagram. Jadi, sebaiknya Ladies kuasai editing di Instagram, seperti filter, trim, dan frame.

6. Sssst, ada pengaturan tersembunyi loh!

Mungkin sebagian besar dari Ladies belum mengetahui bahwa Boomerang menawarkan beberapa pengaturan tersembunyi. Cukup buka aplikasi Boomerang, ketuk empat kali … TADA! Pengaturan tersembunyi pun muncul. Ladies bisa mengatur resolusi video, mengubah alurnya (maju mundur, jeda di tengah, hanya maju, atau hanya mundur), juga mengatur jumlah frame serta frame rate di dalam video-mu!

7. Cari inspirasi di Instagram.

Bingung mau membuat dengan gaya seperti apa? Coba Ladies intip-intip akun @boomerangfrominstagram yang merupakan akun resmi dari pihak Instagram. Di dalamnya, terdapat banyak video Boomerang terbaik, dari mulai yang sederhana sampai wowwww. Atau, Ladies juga bisa cek Instagram Alina Valitova yang rutin mem-posting Boomerang bernilai seni 😉

8. Sekali-kali, fokus ke background.

#wind by @nathanasharp

A post shared by Boomerang from Instagram (@boomerangfrominstagram) on

Terkadang, Ladies tidak perlu selalu jadi yang beraksi. Apabila Ladies menemukan sebuah objek yang bergerak, seperti kincir angin, yuk coba buat Boomerang yang unik. Ada satu syarat nih agar video-nya semakin oke. Jika Ladies ingin fokus pada objek yang menjadi background tersebut, sebisa mungkin Ladies hanya melakukan sedikit gerakan agar para viewers fokus pada background.

9. Ubah Live Photo menjadi Boomerang di Instagram Story.

Bagi Ladies yang handphone-nya memiliki fitur live photo, tips ini boleh banget nih dicoba. Caranya, buka fitur Instagram Story, masukkan live photo dalam kurun waktu 24 jam, kemudian tekan layar cukup lama dan kuat. Ladies akan melihat lingkaran kecil bertulisan “Boomerang”.  

10. Eksplor gayamu saat merekam adegan.

#GoldenGateBridge ✨ #Boomerang by @johnbarnett ✨ #thingsthroughthings

A post shared by Boomerang from Instagram (@boomerangfrominstagram) on

Lokasi yang sama akan terlihat berbeda jika Ladies melihatnya dari perspektif yang berbeda. Misalnya saja klip di atas. Jembatan Golden Gate menjadi terlihat menghipnotis jika dilihat dari dalam pagar.

11. Sudah coba fitur “Rewind”?

Fitur terbaru Instagram, “Rewind”, memang mirip-mirip dengan Boomerang, tetapi tetap memiliki perbedaan. Rewind membalikkan apapun yang direkam. Misalnya saat Ladies merekam adegan lompat, hasilnya akan seperti sihir antigravitasi!

12. Atur setiap adegan.

Boomerang hanyalah video loop berdurasi sekitar dua detik saja, oleh sebab itu, waktu adalah segalanya. Tentukan sejak awal, momen manakah yang penting? Kapankah Ladies akan mendarat di air? Kapan Ladies akan melompat? Kapan Ladies akan melakukan koprol? Jika sudah, rekam adegan dengan berpegangan pada perhitungan tersebut.

Boomerang yuuuk…

Sumber: Refinery29, Foto: androidauthority.com

Komentar Kamu