Tentunya Ladies sudah tak asing lagi bukan dengan film drama keluarga yang mengisahkan kehidupan anak-anak dan sebuah pabrik cokelat? Dikisahkan musuh bebuyutan Willy Wonka dalam film Charlie and the Chocolate Factory bisa menciptakan es krim yang tidak bisa meleleh meski pada saat itu cuaca sangat panas dan terik.

Mungkin tidak mungkin mendapati es krim yang tak meleleh. Jangankan di terik matahari, bahkan di udara yang dingin pun es krim akan meleleh tak lama setelah keluar dari freezer. Sampai seorang ilmuwan asal Jepang yang berhasil membuat es krim yang tak akan meleleh. Es krim tersebut kemudian diberi label Kanazawa Ice yang dijual di seluruh kota Jepang.

Penemuan es krim yang tak bisa meleleh tersebut bisa dibilang tidak sengaja. Para ilmuwan di Biotherapy Development Research Center, Kanazawa, Jepang mulanya hanya bermaksud mendaur ulang stroberi dari Prefektur Miyagi yang sudah rusak.

kanazawa es krim nggak bisa meleleh
Foto: Kompas.com

Para peneliti tersebut kemudian bekerja sama dengan seorang pembuat kue.

Mereka membuat permen baru menggunakan cairan polyphenol yang diambil dari stroberi yang telah diteliti. Entah mengapa, sang pembuat kue selalu mendapati krimnya mengeras ketika ditambahkan polyphenol.

Berawal dari situlah akhirnya para ilmuwan menarik sebuah kesimpulan sementara tentang polyphenol yang bisa mengeraskan makanan. Tomihisa Ota, selaku developer mengatakan bahwa cairan polyphenol yang diambil dari stroberi mampu membuat minyak dan air sulit terpisah sehingga es krim yang terbuat dari cairan ini bisa tetap beku bahkan dalam jangka waktu yang lebih lama.

kanazawa es krim yang nggak bisa meleleh
Foto: Bobo.grid.id

SoraNews, salah satu pihak media Jepang membuktikan sendiri bahwa es krim tersebut memang tidak mencair meskipun sudah ditinggalkan di suhu ruangan selama tiga jam. Presiden Biotherapy Development Reseach Center, Takeshi Toyoda juga memperkuat pernyataan ini. Katanya, es krim tersebut juga mampu mempertahankan bentuknya meski terkena angin panas yang bersumber dari hair dryer.

Wah wah, jadi penasaran ya, Ladies. Gimana ya rasanya menikmati es krim yang nggak meleleh ini? Jika Ladies berkesempatan mengunjungi negeri Sakura ini, jangan lupa cicipi es krim yang super unik, yah. Sekalian bungkusin buat MeraMuda, kan nggak bisa meleleh… Ehehehe.

Sumber: Mashable, Foto cover: Asia One

Komentar Kamu