Botol bekas air minum seringkali berakhir di tempat sampah. Tapi ternyata, di tangan orang yang tepat, botol bekas ini jadi sesuatu yang keren tak akan pernah kamu pikirkan sebelumnya. Bisa jadi dekorasi di rumah atau yang lebih keren lagi, kayak yang ini nih.

Di Taiwan, botol bekas ini disulap menjadi sebuah gedung yang multifungsi dan eco-friendly. Gedung ini bernama EcoARK yang memiliki kemampuan untuk menahan berbagai bencana, contohnya saja gempa bumi sampai kebakaran. Untuk membuat gedung yang begitu berguna ini dibutuhkan kurang lebih sebanyak 1,5 miliar botol bekas. Solusi yang begitu cerdas untuk tanggulangi sampah plastik ya Ladies?

Foto: Pinterest.com

Foto: pinterest.com

Gedung ramah lingkungan ini didesain oleh seorang arsitek bernama Arthur Huang. Dalam pengerjaannya, gedung sembilan tingkat ini menelan biaya yang cukup besar, sekitar US$3 juta atau setara Rp39 triliun. Meskipun terbuat dari botol bekas, sejak didirikan tahun 2010 yang lalu gedung ini masih tetap berdiri kokoh dan menjadi salah satu bangunan yang paling ramah lingkungan di dunia.

Kok bisa ya botol bekas dijadikan sebagai gedung?

Ternyata, sebelumnya botol bekas ini sudah terlebih dahulu diproses untuk dibuat bata ‘polli-brick’. Dan bata daur ulang ini memiliki pola segi enam yang bisa direkatkan dengan yang lainnya. Jadi, simplenya sih seperti batu bata pada umumnya bisa ditata sedemikan rupa. Nah, setelah disusun nantinya batu bata dari botol bekas ini akan diberi lapisan tahan air dan ditambah dengan struktur besi agar gedung bisa berdiri kokoh.  

Selain gedung yang dibuat eco-friendly, sistem kelistrikan dan pengairan di dalamnya juga ramah lingkungan. Daur ulang yang begitu cerdas ya, Ladies. Semoga ini bisa jadi acuan ataupun juga inspirasi untuk kita semua. Masalah sampah dan lingkungan memang masalah kita bersama. 🌏

Sumber: Liputan6, Foto cover: travelpod.com

Komentar Kamu
Loading...