Seorang fotografer bernama Antoine Repesse, mengeluarkan sebuah karya yang ‘menampar’ banyak orang. Ia merupakan seorang fotografer asal Perancis yang memang gemar mendedikasikan kemampuan fotografinya untuk mengungkap dan mempertanyakan isu-isu yang berkembang di masyarakat melalui berbagai foto karyanya.

Salah satu karyanya yang begitu memukau dan berhasil membuat banyak orang serasa ‘tertampar’ yakni photo series dengan judul ‘#365 Unpacked.’ Karya itu membuat kita menyadari betapa selama ini hidup dalam pola konsumtif dan menyumbang berbagai permasalahan, terutama perihal sampah.

Foto: boredpanda.com

Untuk merampungkan proyeknya ini, ia berhenti membuang sampah di rumahnya dan juga mengumpulkan sampah-sampah daur ulang selama 4 tahun.

Dan sampah-sampah ini terdiri dari 4800 tissue roll, 800 kg majalah dan koran, 1600 botol plastik susu, bungkus rokok, botol bekas cairan pembersih, bungkus sereal, dan botol air mineral. Dengan sampah-sampah itu, Antonie berhasil menciptakan karya yang begitu artistic dan memiliki pesan yang mendalam. Menurutnya, foto-foto akan lebih ‘berbicara’ dibandingkan kata-kata.  

Foto: boredpanda.com

“Aku ingin membeikan nilai estetika dalam karyaku, dan dengan menyortir sampah akan memberikan efek grafis dan membangkitkan sesuatu lewat hal-hal yang menganggu,” papar Antonie.

Foto: boredpanda.com

Melalui projeknya itu, Antonie ingin memberitahukan kepada kita semua ternyata selama ini sudah menjadi manusia yang begitu konsumtif dan menyumbangkan permasalahan seperti sampah rumah tangga. Antonie berharap bisa memberikan inspirasi kepada orang agar peduli dengan pengelolaan sampah agar tidak semain mencemari lingkungan lebih buruk lagi.

Foto: boredpanda.com

Semoga ini bisa menyadarkan kita semua agar semakin peduli dengan alam. Bagi kamu yang tertarik melihat fotonya lebih banyak lagi, bisa intip di website miliknya, AntoineRepessé.com.

Sumber: Bored Panda, Demilked, Foto via: Bored Panda

Komentar Kamu