Di dunia permaskeran, sudah beberapa tahun ini clay mask masuk ke dalam jajaran favorit rangkaian skincare, terutama bagi pemilik kulit berminyak. Tidak heran sih sebab clay mask menjanjikan banyak manfaat yang diperlukan oily skin dan acne prone skin. Oleh sebab itu jugalah, clay mask kurang direkomendasikan bagi pemilik dry skin atau sensitive skin. Ladies yang memiliki kulit kering dan sensitive lebih baik memilih mud mask saja yang memang dibuat untuk normal to dry skin dan sensitive skin. Namun bila Ladies penasaran dengan clay mask, boleh-boleh saja sih mencobanya, asal sesuai takarannya. FYI, untuk dry dan sensitive skin, sebaiknya gunakan clay mask satu hingga dua kali seminggu saja. Simak ulasannya berikut ini ya, Ladies. MeraMuda akan membahas manfaat dan rekomendasi clay mask untuk Ladies semua.

1. Antibakterial: dapat mengatasi eksim, dermatitis, dan psoriasis.

Clay mask terkenal dengan kemampuannya menyerap racun, tetapi tidak hanya itu loh. Ternyata clay mask juga mampu menyerap bakteri dan patogen berbahaya baik di permukaan maupun dalam pori-pori kulit yang bertanggung jawab atas berbagai masalah kulit seperti jerawat dan alergi. Clay mask bekerja sebagai antibiotik alami yang dapat mengatasi infeksi kulit dan bahkan menyembuhkan masalah kulit seperti eksim, dermatitis, dan psoriasis. Sebagai bahan alami, clay mask bahkan berfungsi lebih baik karena tidak turut membunuh bakteri baik di wajah.

2. Mendetoksifikasi dan memurnikan kulit.

Dunia modern tidak hanya menawarkan kemajuan dalam teknologi, tetapi juga dalam hal polusi. Clay mask yang memiliki sifat detokfisfikasi akan membersihkan wajah dari polusi, nanopartikel, cacogenic, logam berat, zat kimia, dan berbagai kotoran kulit tersebut. Hasilnya tentu saja kulit akan lebih bersih, segar, dan sehat.

3. Oksigenasi sel.

Bukan hanya kotoran dan racun saja loh yang diserap clay mask, tetapi juga hidrogen dari sel kulit. Bila hidrogen terbebaskan dari kulit, maka oksigen memiliki tempat lebih luar untuk memperbaiki dan meremajakan kulit. Perederan di kulit pun akan lancar, dan tentu saja kulit menjadi lebih sehat.

4. Membebaskan pori-pori kulit dari segala sumbatan.

Tampilan pori-pori yang minim adalah hal yang diidamkan banyak wanita. Pori-pori yang kecil bukan saja memiliki fungsi sebagai penyempurna visual, tetapi juga tanda dari kulit sehat. Pori-pori akan tampak besar saat sebum, bakteri, debu, dan kotoran menyumbatnya. Seperti yang Ladies tahu, clay mask sangat ahli dalam penyerapan sebum, kotoran, dan bakteri dari pori-pori kulit sehingga setelah penggunaan clay mask, kulit akan terasa sangat kencang dan bersih.

5. Mengatur produksi sebum.

Secara alami, kulit akan menghasilkan minyak atau sebum yang berfungsi untuk melindungi dan melembapkan. Saat sistem kekebalan tubuh terlalu aktif, baik dari infeksi, autoimun, stress, atau kelebihan racun, maka kulit akan memproduksi sebum secara berlebihan. Hasilnya, kulit akan diterpa jerawat, blackheads, whiteheads, minyak berlebih, atau gangguan kulit lainnya. Clay mask dapat menjadi solusi tambahan saat mengatasi masalah tersebut. Clay mask akan menyerap kelebihan minyak dan membersihkan pori-pori tanpa memancing produksi minyak berlebih.

6. Melembutkan, menghaluskan, dan mencerahkan kulit.

Clay mask biasanya memiliki nutrisi lain, yaitu silica. Mineral ini bertanggung jawab atas pembuatan jaringan ikat seperti otot, tendon, ligament, tulang rawan, kolagen, kulit, dan tulang. seperti ntuk kelembutan dan kehalusan kulit. Sebetulnya silica bisa didapatkan dari makanan, tetapi kadang tidak cukup untuk disalurkan ke bagian kulit. Dengan menggunakan clay mask, Ladies akan mendapatkan lebih banyak silica untuk kulit sehingga kulit menerima lebih banyak nutrisi.

7. Meremajakan dan menutrisi kulit.

Clay mask dapat digunakan untuk memperbaiki serat kulit sekaligus meningkatkan kekencangan kulit serta mencegah keriput. Bentonite clay terbukti secara klinis untuk meningkatkan sirkulasi darah sehingga peningkatkan penyembuhan dan regenerasi jaringan kulit.

8. Memperbaiki tone kulit.

Ladies memiliki warna kulit yang tidak merata? Wajar banget! Produksi melanin dan toksisitas hati adalah beberapa alasan di balik warna kulit yang tidak seimbang. Namun clay mask dapat membantu Ladies untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan mengurangi peradangan kulit, pengangkatan sel kulit mati dan racun, serta ditambah dengan limpahan silica, maka kulit pun akan memiliki tampilan warna yang lebih merata!

Wah, manis banget ya janji dari clay mask di atas. Bila Ladies sudah memiliki clay mask favorit, selamat! Namun jika belum, MeraMuda akan memberikan beberapa rekomendasinya. Keep scrolling again, Ladies!

1. Utama Spice Masker

Clay mask 101: Manfaat dan Rekomendasi Clay mask Terfavorit
Foto: utamaspicebali.com
Clay mask 101: Manfaat dan Rekomendasi Clay mask Terfavorit
Foto: utamaspicebali.com

Ada dua clay masker keluaran brand lokal asal Bali ini, yaitu Face and Body Clay dan Temu-temu Mask. Face and Body Mask (Rp95 ribu) terbuat dari 100% volcanic clay. Sementara Temu-temu Mask (Rp 65 ribu) terbuat dari perpaduan white clay dan ekstrak temulawak.

2. Innisfree Clay mask

Clay mask 101: Manfaat dan Rekomendasi Clay mask Terfavorit
Foto: Innisfree.com
Clay mask 101: Manfaat dan Rekomendasi Clay mask Terfavorit
Foto: Innisfree.com

Innisfree tampaknya mengerti bahwa pemilik kulit kering dan sensitive pun memerlukan khasiat dari clay mask. Oleh sebab itu, Innisfree menyediakan dua varian untuk clay mask-nya, yaitu Jeju Super Vulcanic Pore Clay mask (Rp190 ribu) untuk kulit berminyak dan Jeju Volcanic Pore Clay mask (Rp180 ribu) untuk kulit kering.

3. Queen Helene Masque

Clay mask 101: Manfaat dan Rekomendasi Clay mask Terfavorit
Foto: makeupkeith.com
Clay mask 101: Manfaat dan Rekomendasi Clay mask Terfavorit
Foto: influenster.com

Brand Queen Helene juga menyediakan dua pilihan clay mask, Queen Helene Mint Julep Masque (Rp90 ribuan) dan Queen Helene Mud Pack Masque (Rp90 ribuan). Mint Julep Masque yang mengandung mint yang memberikan efek dingin dan segar untuk kulit. Namun jika Ladies sensitif dengan sensasi dan aroma mint, Ladies bisa memilih Mud Pack Masque yang baunya lebih bisa ditoleransi.

4. Freeman Clay Mask Series

Clay mask 101: Manfaat dan Rekomendasi Clay mask Terfavorit
Foto: freemanbeauty.com
Clay mask 101: Manfaat dan Rekomendasi Clay mask Terfavorit
Foto: freemanbeauty.com
Clay mask 101: Manfaat dan Rekomendasi Clay mask Terfavorit
Foto: freemanbeauty.com

Freeman adalah merek yang sedang naik daun beberapa bulan ini. Wajar saja sih sebab Freeman menawarkan banyak pilihan. Freeman memiliki Feeling Beautiful series yang menyediakan delapan varian clay mask, baik yang dibasuh ataupun dikelupas (peel off), yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan wajah Ladies. Dari mulai rejuvenating, deep clearing, anti-stress, purifying, oil abrsobing, cleansing, sampai exfoliating! Lengkap banget kan, Ladies? Harganya pun cukup terjangkau loh, hanya Rp90 ribuan.

Selain itu, Freeman pun menciptakan Beauty Infusion series, yang merupakan perpaduan antara masker dengan serum. Beauty Series hanya memiliki satu varian clay mask, yaitu Cleansing Clay mask (Rp110 ribuan) yang mengandung arang dan probiotik.

Clay mask 101: Manfaat dan Rekomendasi Clay mask Terfavorit
Foto: freemanbeauty.com

5. Aztec Indian Healing Clay Deep Pore Cleansing

Clay mask 101: Manfaat dan Rekomendasi Clay mask Terfavorit
Foto: bestproducts.com
Clay mask 101: Manfaat dan Rekomendasi Clay mask Terfavorit
Foto: opinionqueen.com

Clay mask Aztec ini bisa dibilang clay mask yang paling populer di dunia. Di Amazon saja, review-nya mencapai 12 ribu loh. The Indian Healing Clay mask (Rp170 ribuan) merupakan bubuk bentonite clay yang akan memberikan khasiat terbaiknya saat dipadukan dengan cuka apel. Sayangnya masker ini terlalu keras untuk dry atau sensitive skin, sementara pemilik oil atau acne-prone skin pasti akan jatuh cinta pada masker ini.

Selamat berburu dan mencoba perawatan dengan clay mask, Ladies!

Sumber: alituranaturals, Foto cover: stylecaster.com

Komentar Kamu
Loading...