Tidak hanya percintaan saja yang mengalami hubungan jarak jauh, pertemanan juga lho, Ladies. Yap, kalau yang namanya pacaran ada LDR alias long distance relationship, persahabatan juga bisa ngalamin long distance friendship. Setelah lulus sekolah ataupun kuliah, mau tidak mau kamu harus berpisah dengan beberapa sahabatmu. Apalagi kalian berpisah di kota yang berbeda, jika hubungan persahabatan tidak dijaga dengan baik pastilah lama kelamaan akan menghilang satu per satu.

Nggak mau kan hubungan pertemanan yang begitu akrab dikalahkan oleh jarak? Nah, supaya hubungan pertemananmu masih tetap adem ayem meski jarak memisahkan, inilah beberapa tips yang perlu kamu lakukan.

Keep in touch

Sekarang ini sudah zamanya teknolgi canggih, banyak sekali media sosial yang bisa digunakan untuk tetap berkomunikasi. Ada WhatsApp, Facebook, BBM, Skype, dan masih banyak lagi yang bisa jadi perantara untuk tetap bersua. Jangan malas-malas untuk saling bertanya dan memberikan kabar ya. Tak perlu setiap saat kamu memberikan kabar, bisa dua hari sekali ataupun seminggu sekali juga tidak apa-apa. Yang terpenting, kamu dan sahabat masih ada upaya untuk tetap keep in touch. Kayak pacaran aja, kalau kamu nggak sempat membalas saat itu juga, kamu bisa balas ketika kamu sempat, tapi beri tahu juga alasannya. Dengan begitu, sahabatmu merasa kalau kamu memang menyisihkan waktu untuknya.

Rencanakan Liburan Bersama

“Minggu depan coba es krim yang di Italia yuuuk.” Foto: shutterstock

Saat jarak menjadi penghalang, bertemu setiap hari menjadi hal yang sulit untuk dilakukan. Maka dari itu, rencanakan untuk liburan bersama dengan sahabat dekat. Jauh-jauh hari rencanakan semuanya secara matang, baik itu tiket, akomodasi, dan lain sebagainya. Dengan begini, kamu akan bisa leluasa menceritakan unek-unek yang selama ini tak bisa tersampaikan. Tidak perlu memilih destinasi yang jauh jika budget tidak memungkinkan, yang terpenting adalah pertemuannya.

Hindari Jealous yang Berlebihan

Saat melihat sahabat sudah asyik dengan teman barunya di tempat yang sekarang ditinggali usahakan untuk tidak cemburu berlebihan. Memang sebagai teman, wajar sekali untuk merasa iri, tersisihkan, atau tergantikan melihatnya sudah memiliki sahabat yang baru, tapi jangan sampai berlebihan dan membuatmu malas untuk menghubunginya. Dan lebih parah lagi kamu ketus saat dia menghubungimu. Masak kamu mau di tempat yang baru sahabatmu tidak punya teman ngobrol dan berbagi kesedihan?

Buat Dia Merasa Istimewa

Foto: shutterstock

Meskipun kamu juga sudah memiliki teman-teman baru yang lebih asyik, hits, dan juga seru, usahakan untuk tetap berbagi dengannya. Misalnya saja ada berita bahagia, jangan lupa untuk berkabar dengannya. Jangan sampai si dia tahu dari orang lain, pastinya akan sangat membuat sahabatmu terluka. Masa yang sedih-sedih aja yang dikasih tahu, yang bahagia enggak? Buat dirinya merasa istimewa memiliki sahabat seperti kamu, iya kamuuu… Hehehe.

Semoga beberapa cara di atas tetap bisa membuat long distance friendship yang kamu jalani tetap adem ayem. Jangan jadikan jarak sebagai alasan untuk memutusukan hubungan pertemanan. Coba, yang pernah ngalamin long distance friendship, kasih tahu dong pengalamannya…

Sumber: womantalk, zetizen. Foto cover: shutterstock

 

Komentar Kamu
Loading...