Tas mewah dari brand Hermès memang tak pernah habis dibicarakan. Beberapa selebriti tanah air, seperti Syahrini, pernah tertangkap sedang menjinjing tas berharga fantastis ini. Bila Ladies penasaran, apa sih yang membuat tas ini sedemikian diburunya, simak 11 fakta tas Birkin Hermès di bawah ini. 😉

1. Dibuat dengan tangan

fakta tas birkin hemes birkin bag
Foto: Elle.com

Setiap tas Birkin dibuat dengan tangan oleh satu perajin ahli. Biasanya dibutuhkan waktu kurang lebih 48 jam bagi setiap perajin untuk membuat satu buah tas Birkin. Bisa dibilang, setiap tas keluaran Hermès adalah sebuah karya seni yang tidak ada duanya. Wajar saja harganya sangat mahal.

2. Peminat harus sabar menanti

fakta tas birkin hemes birkin bag
Foto: Elle.com

Aspek lain yang membuat tas Hermès semakin bernilai tinggi adalah proses untuk mendapatkannya. Para peminat harus bersabar menunggu tas Birkin incarannya tersedia di toko sebab pihak Hermès tidak lagi menerima pesanan khusus. FYI, saat ini, Hermès sudah menjual lebih dari 200.000 tas Birkin, loh.

3. Ladies bisa menyewa tas Birkin!

fakta tas birkin hemes birkin bag
Foto: Elle.com

Jika Ladies ingin mencoba menggunakan tas Birkin tetapi terkendala banyak hal, tenang saja, ada banyak penyedia jasa penyewaan tas mewah ini loh. Salah satunya adalah situs e-commerce VillageLuxe. Tas Birkin disewakan dengan harga $295 atau sekitar Rp4 juta per minggu. Situs yang berbasis di New York tersebut juga menyediakan layanan penyewaan barang mewah lain, seperti dress, tas, dan sepatu. Sepertinya di Indonesia juga sudah ada sih jasa penyewaan tas Birkin ini tetapi mungkin belum banyak diketahui publik.

4. Tas Hermes termahal mencapai angka $380,000 atau sekitar Rp5 miliar

fakta tas birkin hemes birkin bag
Foto: christies.com

Pada Mei 2017 lalu, balai lelang Christie’s berhasil menjual Birkin Himalayan 30 berbahan kulit buaya Nil dengan harga fantastis yang mencapai Rp5 miliar. Tas yang disebut-sebut sebagai “cawan suci” tersebut juga dihiasi 245 butir berlian dan emas putih 18 karat kualitas tinggi. Pembeli yang identitasnya dirahasiakan tersebut berhasil memenangkan lelang setelah melakukan penawaran sengit selama 15 menit.

5. Didesain di atas kertas kantung muntah

fakta tas birkin hemes birkin bag
Foto: Elle.com

Mungkin Ladies sudah mengetahui fakta bahwa tas Birkin didesain oleh Jean Louis Dumas, CEO Hermès saat itu, untuk aktris Perancis Jane Birkin pada tahun 1981. Saat itu, Jean melihat Jane Birkin kerepotan saat barang-barangnya jatuh dari tasnya. Jean kemudian menawarkan dirinya untuk mendesain tas baru untuk Jane. Mereka kemudian membuat sketsa tas sesuai keinginan Jane di atas kertas kantung muntah pesawat terbang.

6. Jane Birkin hanya memiliki lima tas Birkin

fakta tas birkin hemes birkin bag
Foto: purseblog.com

Tidak seperti Victoria Beckham yang kabarnya memiliki seratus tas Birkin, sang empunya nama justru hanya memiliki lima buah tas saja. Jane hanya menggunakan satu tas Birkin hingga tas tersebut benar-benar rusak. Jane pun tidak ragu mendekorasi tas Birkin-nya dengan stiker, pin, ataupun untaian manik-manik. Menurut Jane, dekorasi tersebut membantunya menghilangkan kesombongan dan gengsi dari tas Birkin, serta membuatnya lebih santai selayaknya orang Perancis.

7. Birkin adalah investasi yang jauh lebih baik daripada saham

fakta tas birkin hemes birkin bag
Foto: Elle.com

Penelitian menunjukkan bahwa tas Birkin langka memiliki annual return sebesar 14,2% selama beberapa dekade terakhir, dan mengalahkan S&P 500 dan harga emas.

8. Tas Birkin tidak langsung populer

fakta tas birkin hemes birkin bag
Foto: Elle.com

Pakar tas menyatakan bahwa tas Birkin baru populer di tahun 1990-an. Semenjak itu, berbagai kalangan mulai menjadi penggemar setia tas mewah ini.

9. Saat ini, harga Birkin termurah adalah $8,500 atau Rp113 jutaan

fakta tas birkin hemes birkin bag
Foto: baghunter.com

Dengan harga ratusan juta tersebut, Ladies akan mendapatkan tas kulit dengan hardware-nya yang ikonik. Dari tahun ke tahun, harga Birkin selalu naik. Di tahun 2001 saja, harga Birkin sudah mencapai angka $4,000 atau Rp 53 jutaan.

10. Berat tas Birkin kosong bisa mencapai 1 kilogram

fakta tas birkin hemes birkin bag
Foto: Elle.com

Memang sih kesannya tidak terlalu berat, tetapi saat barang-barang sepeti ponsel, dompet, kunci, kantung make up dimasukkan ke dalam tas, jadi lumayan juga beratnya. Di masa tuanya, Jane Birkin bahkan berkata bahwa tas Birkin sudah terlalu berat untuk dibawa olehnya.

11. Nama tas Birkin dibuat berdasarkan ukuran, warna, dan teksturnya

fakta tas birkin hemes birkin bag
Foto: Elle.com

Contohnya, Hermés 25 Birkin Bag Togo merujuk pada tas Birkin dengan panjang 25 cm, dibuat dengan kulit grainy togo khas Hermés. Ada beberapa jenis kulit yang digunakan Hermés, antara lain mulai togo, epsom, clemence, dan chèvre.

Terlalu mahal untuk harga sebuah tas? Ah, itu urusan selera masing-masing… 🙂

 

Sumber: Elle, Foto cover: sellyourhandbag.com

Komentar Kamu