Apakah Ladies selalu menyimpan semua bahan makanan di dalam kulkas? Tenang saja, Ladies tidak sendiri kok. Kulkas akan membantu makanan tetap segar dan tahan lama sehingga selalu menjadi tempat favorit bagi Ladies ataupun Mama untuk menyimpan makanan. Sayangnya, sains tidak selalu menyetujui kebiasaan ini. Setidaknya ada 10 makanan yang sebaiknya tidak disimpa di dalam kulkas. Apa saja? Simak ulasannya di bawah ini yuk, Ladies. 😉

1. Telur

10 Makanan yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Dalam Kulkas telur

Telur sebetulnya boleh-boleh saja dimasukkan ke dalam kulkas, tetapi jangan disimpan di rak pintu kulkas. Suhu dingin kulkas memang akan membantu menjaga telur tetap segar. Namun pintu kulkas yang akan selalu dibuka-tutup akan mengakibatkan fluktuasi suhu dan hasilnya, suhu telur menjadi berantakan. Tempat terbaik untuk telur adalah tempat yang paling jarang dibuka-tutup sehingga suhu telur pun akan konsisten. Misalnya di bagian bawah tempat menyimpan sayur.

2. Tomat

10 Makanan yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Dalam Kulkas tomat

Tomat akan kehilangan kelezatannya dan berubah menjadi kering apabila terpapar suhu rendah kulkas. Suhu dingin pun akan menghentikan proses pematangan tomat. Menurut koki dunia Harold McGee, suhu kulkas dapat memecah selaput di dalam tomat dan mengubah strukturnya menjadi seperti pasir. Lebih baik Ladies simpan tomat di dalam mangkuk, kemudian letakkan di meja dapur saja.

3. Basil

10 Makanan yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Dalam Kulkas basil

Herbal beraroma lezat ini akan menjadi lebih cepat memburuk apabila disimpan di lemari es. Mungkin masih bersaudara dengan daun kemangi. Basil akan menyerap bau dari makanan lain dan kehilangan aromanya sendiri sehingga basil pun akan tidak bisa digunakan untuk memasak. Agar basil lebih awet, tempatkan basil di dalam gelas berisi air, seperti penyimpanan bunga.

4. Kentang

10 Makanan yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Dalam Kulkas kentang

Suhu dingin akan mengubah pati kentang menjadi gula, atau bahkan zat kimia lain yang berbahaya. Cara penyimpanan kentang terbaik adalah dengan menggunakan tas kertas agar tidak membusuk, kemudian tempatkan di ruang yang tidak terpapar sinar matahari langsung dengan suhu kamar.

5. Bawang bombay

10 Makanan yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Dalam Kulkas bawang bombay

Apabila Ladies memasukkan bawang ke dalam kulkas, seluruh makanan yang berada di sekitarnya akan memiliki bau dan rasa seperti bawang. Selain itu, kelembapan akan membuat bawang menjadi lembek dan berair. Lebih baik Ladies simpan bawang di luar kulkas, dan jauhkan dari kentang. Menyimpan bawang bersamaan dengan kentang akan membuat kedua bahan makanan tersebut lebih cepat busuk karena kandungan gas yang dipancarkan kedua umbi-umbian tersebut.

6. Bawang putih

10 Makanan yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Dalam Kulkas bawang putih

Seperti halnya bawang bombay dan bawang merah, bawang putih pun akan melembek dan membusuk dengan cepat bila disimpan di dalam kulkas. Selain itu, aroma bawang putih akan mengganggu aroma makanan lain.

7. Alpukat

10 Makanan yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Dalam Kulkas alpukat

Alpukat ini lumayan tricky untuk disimpan. Jika Ladies membeli alpukat yang belum matang, simpan di luar kulas hingga sematang yang Ladies inginkan. Apabila Ladies membeli alpukat dalam keadaan matang dan ingin menyimpannya beberapa hari lagi sebelum memakannya, masukkan ke dalam kulkas. Ingat ya Ladies, suhu dingin akan menghentikan proses pematangan alpukat.

8. Roti

10 Makanan yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Dalam Kulkas roti

Suhu dingin kulkas akan membuat roti cepat mengering. Tempat terbaik untuk menyimpan roti adalah meja makan, atau bila terpaksa banget nih, Ladies bisa menyimpan roti di freezer. Akan tetapi, pastikan roti terbungkus dengan sempurna agar kelembapannya tetap terjaga.

9. Buah-buahan tropis

10 Makanan yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Dalam Kulkas buah-buahan tropis

Buah-buahan tropis, alias buah yang biasa kita temui, seperti pisang, nanas, mangga, pepaya sangat tidak tahan terhadap suhu dingin. Apabila buah-buahan tersebut masih utuh, simpan saja di suhu ruang. Namun apabila sudah dipotong-potong, Ladies bisa menyimpannya di dalam kulkas hingga 4 hari. Pastikan Ladies menyimpannya di wadah tertutup ya.

10. Madu

10 Makanan yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Dalam Kulkas madu

Kandungan gula yang tinggi pada madu membuatnya harus disimpan dalam wadah dengan tutup rapat, dan tidak memerlukan suhu dingin kulkas. Malahan, saat berada dalam suhu rendah, madu akan mengkristal dan sulit untuk digunakan.

Nah, jadi memang nggak semua makanan bisa disimpan di dalam kulkas, Ladies. Coba dicek tuh kulkasnya, ada makanan yang ‘nyasar’ nggak? Hehe…

Sumber: Family Share, Foto dan foto cover: Pixabay

Komentar Kamu